SUPPLIER BAWANG MERAH | JUAL BAWANG MERAH | DISTRIBUTOR BAWANG MERAH : Hama dan Penyakit Bawang Merah | Jual Bawang Merah Lokal
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

HAMA
1. Ulat tanah atau ulat pemotong Hama ini disebabkan oleh ulat Agrotis ipsilon HFN.


http://bawangmerahlokal.blogspot.com
Ulat ini berwarna hitam atau coklat bergantung makanannya. la dapat rusak tanaman muda dengan jalan memotong bagian pangkal batangnya. Penyerangan terjadi pada sore hari antara pukul 17.00-19.00, dan bersembunyi di dalam tanah di sekitar tanaman.

2. Hama putih atau hama bodas Hama putih pada bawang merah ini disebabkan oleh sejenis gurem halus yang disebut Thrips tabaci Lind.

Cara penyerangannya dengan jalan menggaruk dan menghisap cairan sel daun bawang tersebut. Gejala yang ditimbulkan daunnya mula-mula bernoda putih mengkilat seperti perak kemudian menjadi kecoklatan dengan bintik hitam. Pencegahan serangan hama putih ini dengan jalan menjaga kebersihan kebun dan daerah lahan di sekitarnya dari rumput-rumputan, alang-alang dan tanaman pengganggu sejenisnya.

3. Ulat daun atau ulat bawang Pada bawang ulat ini merusak daunnya.


Hama dan penyakit bawang merah

Telur kupu-kupu yang baru menetas segera menggiggit daunnya yang masih muda, kemudian larva tersebut masuk ke dalam daun bawang yang berbentuk pipa dan makan dari dalam. Akibatnya daun bawang berluban. Dari luar dapat diketahui dengan melihat gejala yang ditimbulkan pada daun tersebut, yakni jaringan daun menjadi bening (transparant) dan kotoran yang terdapat pada tepi daun.

PENYAKIT
Dalam bercocok tanam bawang merah telah dikemukakan beberapa penyakit yang biasa dihadapi oleh petani bawang di Indonesia. Di sini akan dikupas lagi beberapa penyakit penting yang berbahaya pada tanaman bawang.

1. Penyakit cekik atau "dumping off" Penyakit ini sering menyerang tanaman muda yang ditanam dari biji sewaktu masih dipersemaian. Cendawan ini menyerang bagian tanaman di bawah tanah sampai leher batang (bagian di permukaan tanah), hingga akar dan leher batang busuk dan mengering. Kemudian tanaman akan layu mendadak tanpa memberikan gejala menguoing pada daunnya. Penyakit ini dapat ditularkan melalui biji. Pencegahannya adalah dengan memberikan perlakuan pada bijinya sebelum ditanam.

2. Penyakit mati pucuk Penyakit ini mula-mula menyerang ujung daun hingga warnanya menguning, kemudian sel-selnya mati dan mengering. Selanjutnya gejala menjalar ke bawah sampai ± 15 cm. Bagian daun yang kering ini akhimya terkulai ke bawah sambil membentuk pilin. Penyakit ini disebarkan melalui udara, dan bersembunyi dalam tanah. Serangan dapat timbul setiap saat ketika tanaman mulai berumur 1/2 bulan.

3. Penyakit Trotot atau Downy Mildew atau Embun Upas Penyakit ini dapat menyerang secara sistemis atau lokal dan disebarluaskan melalui udara. Tanaman yang terserang akan merana dan daunnya akan menjadi pucat serta menguning. Bila udara lembab daun yang terserang akan menunjukkan gejala bintik-bintik berwarna ungu. Bila udara kering akan menunjukkan bintik-bintik putih sedemikian rupa, sehingga daun tersebut bintik-bintik besar. Serangan ini akan timbul pada kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang dingin, yakni antara 4-25°C. Pada musim kemarau yang malamnya dingin dan lembab penyakit akan menyerang hebat. Pada musim hujan, serangan penyakit ini dapat menyebabkan kegagalan bagi seluruh tanaman. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemanasan kering (dry heating) dengan suhu 41°C selama lebih dari 4 jam pada umbi-umbi bibit yang diduga mengandung penyakit embun tersebut

4. Penyakit Noda Ungu Penyakit ini menyerang daun, tangkai bunga dan umbi bawang. Penyakit ini menyerang tanaman bawang melalui luka atau mulut kulit. dan memberikan gejala bintik lingkaran konsentris wama ungu pada pusatnya yang melebar menjadi semakin tipis dan akhirnya berwarna abu-abu pada daerah sekitarnya. Bagian yang rusak ini umumnya membentuk cekungan. Diduga penyebaran penyakit ini melalui umbi bibit dan percikan air dari dalam tanah. Gejalanya sering timbul bersama-sama dengan penyakit embun upas. Penyakit ini sulit diberantas, tetapi pada bawang merah lebih tahan daripada bawang Bombay, sehingga penyakit ini jarang ditemukan pada tanaman bawang merah
.
Supplier Bawang Merah Lokal | 0852.3161.2096

0 komentar

Posting Komentar

Kontak Us :


http://3.bp.blogspot.com/-Zg3Rq26Ea00/UtH3errkFaI/AAAAAAAAAAM/7gJW2NIA21M/s1600/04042012(004).jpg
M Syahru Rahmat M

Nganjuk, Indonesia
Supplier Bawang Merah,

Kontac Us :

Telkomsel : 0823.3886.0174

Kami Melayani :

- Grosir Bawang Merah Lokal
- Barang bisa di cek (pilih) di tempat kota Nganjuk

Ketentuan order :

- Eceran minimal 10 Kwintal.
- Agen/Supplier pabrik (2 ton lebih) Continous.

Pengiriman luar jawa lewat expedisi laut :

- Luar Jawa Indonesia bagian tengah & barat bisa
- kirim hanya sampai pelabuhan Tanjung Perak.
- Melayani pengiriman lewat expedisi laut untuk
- Indonesia bagian timur.

PEMBAYARAN LUNAS, BARANG KAMI ANTAR.
- Pembayaran transfer ke rekening kami :
- Bank Rakyat Indonesia
- BRI : 0976-01-029658-53-2.
- ------------------------------
- Bank Syariah Mandiri
- BSM : 7045-985-584
- ------------------------------

Ping your blog, website, or RSS feed for Free


fanspage facebook

Sponsor

JUAL MEUBEL BAHAN KAYU ASLI
TERIMA PESANAN SEGARA JENIS BENTUK DAN UKURAN
HUBUNGI 08775829.1395


    google-site-verification: googlede309fd88cf7c276.html